Pilih mana, CT Scan atau MRI ?

August 21, 2019 - admin

No Comments

Saat memeriksakan diri ke dokter, ada kalanya dokter menyarankan anda untuk melakukan sejumlah pemeriksaan sebelum memberikan terapi pengobatan. Hal ini dilakukan dokter agar mereka bisa mendiagnosis gangguan kesehatan anda lebih akurat, sehingga bisa diatasi dengan cara yang tepat. Beberapa pemeriksaan yang mungkin harus anda jalani, antara lain pemeriksaan  CT-scan, dan MRI. Anda tahu bedanya? 

CT scan

CT scan adalah perkembangan dari X-ray (rontgen). CT scan sering digunakan untuk mendapatkan gambaran dalam dari berbagai sudut kecil dari organ tulang tengkorak, otak, atau organ lain di seluruh tubuh. Alat CT scan adalah generator pembangkit sinar-X yang bila dioperasikan oleh operator dan akan mengeluarkan sinar-X dalam jumlah dan waktu tertentu. Sinar-X tersebut akan melewati jaringan tubuh yang akan diperiksa dan ditangkap oleh detektor.

Oleh karena adanya perbedaan ketebalan organ tubuh yang dilewati, maka gambaran yang ditangkap juga berbeda-beda. Inilah yang akan direkonstruksi oleh sistem komputer yang canggih sehingga menghasilkan suatu potongan gambar organ tubuh. CT scan sangat sensitif mendeteksi penyakit dalam jaringan tubuh lunak seperti otak, hati, dan untuk melihat penyebaran suatu sel kanker dalam tubuh.


MRI

MRI (Magnetic Resonance Imaging) merupakan suatu alat diagnostik  untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh anda dengan menggunakan medan magnet yang besar dan gelombang frekuensi radio, tanpa pembedahan, dan penggunaan radiasi.  

Selama pemeriksaan MRI, akan memungkinkan molekul-molekul dalam tubuh bergerak dan bergabung untuk membentuk sinyal-sinyal. Sinyal inilah yang akan ditangkap oleh detektor dan dikirimkan ke komputer untuk diproses dan ditampilkan di layar monitor menjadi sebuah gambaran  dari struktur  tubuh bagian dalam.

Kelebihan MRI jika dibandingkan dengan peralatan lain adalah gambar yang dihasilkan lebih jelas serta dapat dilihat dari berbagai sisi tanpa pengunaan radiasi, MRI  dapat menunjukkan perbedaan sangat  jelas untuk menilai anatomi jaringan lunak dalam tubuh, seperti otak, sumsum tulang belakang, dan susunan saraf dibandingkan dengan pemeriksaan  CT scan.

CT Scan dan MRI

CT Scan  efektif untuk melihat cedera tulang, mendiagnosa masalah paru-paru dan dada, dan mendeteksi kanker. Sedangkan MRI paling tepat untuk memeriksa jaringan lunak pada cedera ligamen dan tendon, cedera saraf tulang belakang, tumor otak, dll.  CT scan sangat cocok digunakan pada kasus gawat darurat, karena proses pemeriksaannya cenderung lebih cepat bila dibandingkan dengan MRI.

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *